Sabtu, 20 November 2010

KONSEP ANEH MENURUT HAMBALI IBNU RANIM



ANEH
oleh Ali Poetry pada 13 November 2010 jam 19:03

ANEH


Banyak sekali orang yang sering mengatakan kata “aneh” yang dalam bahasa inggris disebut dengan “odd/peculiar” namun sebenarnya tak banyak orang yang mampu memahami makna aneh tersebut dan hanya bisa merasakan atau menilai hal aneh dengan nilai keabstrakannya, saya sendiri tak begitu mampu memahami makna aneh dengan begitu jelas, namun dengan metode Tanya jawab tak langsung lewat sms (short message servis) dari beberapa teman yang saya miliki, meski metode ini mungkin jauh sekali untuk mencapai kebenaran namun secara subjektif saya menilai secara kuantitas metode yang saya gunakan ini cukup untuk mencapai kebenaran secara subjektif dan tidak menutup kemungkinan membuka kebenaran objektif.

Mengapa saya tertarik membahas sesuatu yang disebut “aneh” ini, saya-pun tak begitu paham mengapa saya tertarik membahas kata ini, mungkin ini merupakan salah satu bagian yang disebut aneh, hahaha… saya bagian dari sistem keanehan di dunia ini… hah, aneh itu memang tidak ada yang palsu, sesuatu tidak bisa dikatakan aneh jika dibuat-buat.
Oke, langsung saja menurut salah satu pendapat yang saya terima, makna dasar aneh menurut istilah ialah “sesuatu yang berbeda”, sebenarnya banyak sekali orang yang memaknai kata aneh namun secara umum dapat diwakili oleh beberapa pendapat di bawah ini yaitu:

Aneh adalah sikap yang berbeda dari orang lain/tidak lazim:

mungkin dalam hal seperti ini objek dari keanehan adalah seseorang atau manusia. Manusia atau seseorang yang memeiliki perbedaan tingkah laku yang berbeda dengan manusia lainnya maka akan disebut aneh. Sebenarnya dalam kasus seperti ini masih ada keraguan yang harus dipertanyakan mengapa manusia yang berbeda sikap dengan manusia lain sering disebut dengan aneh, padahal kita semua meyakini setiap manusia di dunia ini memiliki perbedaan dan mempunyai ciri khas-nya masing-masing seharusnya seseorang harus menerima perbedaan tersebut dengan lapang dada tanpa harus mengatakan aneh. Namun meski demikian kita juga tak lepas dari teori fakta sosial/fact social yang dikemukakan oleh Emile Durkheim. Jadi dengan berpegang dengan teori tersebut maka konsep aneh yang mungkin sebenarnya tak perlu ada jika dilihat dari perbedaan dan cirri khas manusia yang begitu kompleks namun dalam suatu sistem masyarakat memiliki batasan nilai atau memiliki sikap-sikap yang sudah biasa atau sudah lumrah dikalangan masyrakat yang telah disepakati oleh suatu sistem sosial dalam suatu kehidupan bermasyarakat, maka sah-sah saja jika ada seseorang yang mengatakan aneh pada seseorang yang memiliki sikap yang berbeda dengan orang lain karena sikap seseorang ada batasan-batasan tertentu yang lumrah yang sudah diepakati oleh masyarakat tersebut.

Kerugian dari sikap yang berbeda dengan orang lain ini adalah bisa membuat orang bingung. Biasanya orang memahami makna aneh adalah makna yang berkonotasi negatif dengan alasan jika perbedaan yang berkonotasi positif itu lebih bagus atau lebih tepat disebut unik. terkadang orang aneh ini dengan sikap yang tidak lazimnya akan dikucilkan oleh orang-orang disekitarnya atau karena sikap aneh-nya yang buruk misalnya terbiasa melakukan hal-hal yang tidak terpuji maka orang aneh seperti ini akan ditinggalkan atau dijauhi oleh orang lain atau lebih tidak mengenakan lagi orang seperti ini terkadang bisa sampai disebut gila.

Namun tak selamanya orang yang memiliki sikap aneh ini dikucilkan oleh orang lain atau bermakna negatif sebab ada yang memaknai aneh yaitu suatu keunikan dari diri manusia yang ditonjolkan lewat ekspresinya, karena ada yang menilai sikap aneh seseorang itu adalah sikap yang unik dan menjadi nilai kemenarikan tersendiri bagi orang aneh tersebut, bisa membuat orang lain tertawa dan terkadang orang yang aneh juga memiliki hal yang positif yaitu orang-orang aneh ini mudah diingat dan sering sekali diperhatikan oleh orang lain, dari persfektif sosial orang-orang seperti ini mudah bergaul atau bersosial selain itu ada juga yang berpendapat keuntungan orang ini adalah memiliki ciri khas yang berbeda dengan orang lain atau lebih bagus lagi ada yang mengatakan dengan kata-kata “polosnya” tapi berilmu, mungkin orang yang aneh ini dengan keanehannya bisa masuk berita dan terkenal hahaha,,,.

Aneh itu tidak mengerti dengan sesuatu:

Pendapat ini mungkin pendapat subjektifitas seseorang, orang ini memahami kata aneh yaitu sesuatu yang tidak bisa dimengerti oleh orang yang memiliki suatu masalah, kerugian dari orang yang tidak mengerti dengan sesuatu ini ialah rasa keanehan yang ia miliki sehingga ia tidak mengetahui apa yang ia tidak tahu, maka ia akan selalu merasa aneh tanpa mengetahui apa yang ingin ia ketahui itu.

Sebenarnya banyak sekali orang yang mengatakan aneh orang yanag tak memahami sesuatu, namun jika kita melihat dari sisi kebijaksanaan ada pula orang yang mengatakan bahwa aneh adalah segala sesuatu yang belum kita ketahui, berarti sesuatu yang aneh itu meski terkadang kita tidak mengerti dengan keanehan itu jika kita mau berusaha untuk mengetahuinya maka ada kemungkinan seseorang itu bisa membuka tabir keanehan itu dan mengetahui segala apa yang tidak ia ketahuinya dan melenyapkan keanehan itu.

Aneh itu segala sesuatu yang tidak terjangkau oleh akal:

Menurut pendapat ini aneh tidak terbatas pada sikap seseorang yang berbeda dengan orang lain, lebih luas dari itu aneh dalam hal ini adalah segala sesuatu yang tidak biasa, tidak bisa diterima oleh akal sehat, dan tidak rasioanal tergantung dalam konteks apa kata aneh ini digunakan. Aneh bisa disebabkan oleh rasa ketidaktahuan, keheranan atau karena ketidakpercayaan terhadap sesuatu. Kerugian dari makna aneh seperti ini adalah tersesat dalam ketidaktahuannya. Dan hal positif yang dapat kita ambil dari keanehan seperti ini yaitu kita akan termotivasi mencari sesuatu yang tidak kita ketahui.

Segala sesuatu yang aneh ini bisa terjadi karena faktor bawaan, lingkungan asal, stress atau memang dari sudut pandang/prinsip hidup yang dimiliki oleh seseorang jika keanehan ini terjadi pada sikap seseorang, akan tetapi jika keanehan ini dari suatu benda atau makhluk lain selain manusia mungkin jawaban sederhananya adalah keanehan itu sebagai tanda kekuasaan Allah Yang Maha Latif lagi Maha Kuasa.

0 komentar:

alipoetry © 2008 Por *Templates para Você*