Jumat, 18 Maret 2011

"HIKMAH KETIKA SAKITKU"




"HIKMAH KETIKA SAKITKU"


Ya Allah terimakasih atas semua kisah yang penuh hikmah yang pernah kualami dalam kehidupan hamba-Mu ini.. sehingga saat ujian kesehatan yang Engkau berikan kepadaku saat ini masih bisa kuterima dengan kesabaran dan akan selalu kuserahkan apapun yang akan terjadi padaku kepada Kekuasaan-Mu karena Engkaulah yang Maha Kuasa. Ya Allah meski tubuhku rapuh saat ini dan hanya mampu terbaring menahan rasa sakit mudah-mudahan di jumat ini Engkau masih mamberiku kekuatan tuk melaksanakan jumat-an di Masjid.

Kisah yang pernah kuterima adalah dari sahabatku, yang ketika orangtuannya sakit bertepatan dengan hari yang istimewa hari raya Idul Adha kemarin harus opname. Saya dapat merasakan-nya betapa dia sebagai anak yang sabar dan penuh tawakal pada Allah SWT menerima cobaan ini. Dan saya pun pernah mengalami hal yang sama, ketika hendak ujian seleksi Ujian Mandiri (UM) Universitas Gajah Mada paman yang begitu dekat dengan saya tiba-tiba jatuh sakit dan harus mengalami opname…saya ingat betapa panik dan sedih nya kami semua sekeluarga, dan disaat-saat yang seharusnya saya fokus belajar dengan hati yang tenang itu berubah menjadi suasana duka, tapi ternyata dibalik semua kejadian itu ada banyak hikmah yang Subahanallah….benar-benar nikmat kami rasakan bersama keluarga, meski suasana belajarku harus dipindahkan ke tempat rumah sakit.

Sahabat…siapa sih yang mau sakit, apalagi dalam kondisi saat yang seperti ini, biaya dokter dan obat-obat yang sangat mahal…duh rasanya kalau boleh menghindari nya terus, pasti akan saya lakukan. Sebenarnya kalau kita sadari sebagai mahkluk yang beriman sakit- sehat adalah semua Karunia NYA, tinggal kita bagaimana menyikapi dan menerima Karunia ini. Pernah saya baca artikel tentang bagaimana menghadapi saat-saat sakit seperti sekarang ini. saya baca untuk menentramkan hati ini saat ada salah satu anggota saya yang sedang sakit dan ini memang sangat ampuh….sehingga kita menjadi sabar dan ikhlas saat kita dikarunia sakit dan kita sangat menghargai arti sebuah kesehatan. Saat kita atau anggota keluarga sakit ada beberapa hal yang mesti kita punya yaitu

Pertama berperasangka baik.Karena kita adalah mahkluk ciptaan-Nya, maka tubuh kitapun, kita tak kuasa untuk memilikinya dan harus kita sadari itu…jadi Kuasa-Nya tak akan bisa dicegah oleh kita, mahkluk-Nya. Jadi Tuhan mau memberikan sakit-sehat itu adalah hak-Nya. Mungkin sakit yang diberikan oleh Tuhan yang kita derita merupakan pendahuluan dari karunia kebaikan yang akan diberikan-Nya…dan yakinlah itu.

Kedua Bersabar dan ikhlas menerimanya. Ada banyak tuntunan yang sering kita baca, jika kita ikhlas dan sabar menerima cobaan dari-Nya, termasuk sakit ini dan tetap menjalankan setiap perintah amalan Ibadah…maka pahala ampunan dosa dapat kita dapatkan disini…Subahanallah , nikmat sekali …

“Jika Ku-bebankan kemalangan untuk salah seorang hamba-Ku pada badannya, hartanya atau anaknya, kemudian ia menerimanya dengan sabar yang sempurna. Aku merasa enggan menegakkan timbangan baginya pada hari kiamat atau membukakan buku catatan amalnya ” ( hadist Qudsi diriwayatkan oleh Al-Qurdha’i, ad-Dalimi dan At-Tarmidzi dari Anas)

Ketiga Bersyukur atas sakit yang diderita. Sakitpun mesti kita syukuri kehadirannya, kerena ada hikmah yang dapat kita peroleh ; terampuninya dosa-dosa kita dan akan dituliskan pahala amal yang kita kerjakan semasa kita sehat.

“Jika Aku menguji salah satu seorang hamba-Ku yang beriman lalu ia memuji-Ku atas ujian itu, maka berilah dia pahala sebagaimana pahala yang biasa kalian berikan padanya” ( diriwayatkan oleh Akhmad dan Thabrani)

Saat sakit kita biasanya bisa berintrospeksi dan merenung diri pada tindakan-tindakan kita yang salah semasa sehat… indahnya jika kita bisa melakukan ini kan… …?

Keempat Berserah diri dengan keadaan yang dihadapinya. Karena Tuhan Maha Tahu apa yang terbaik bagi umat NYA, maka sakit-sehat, sedih-bahagia dan segala urusan lainnya yang ada hubungannya dengan masalah duniawi kita pasrahkan pada-Nya, yang penting kita harus berusaha dan berikhtiar diri melakukan kewajiban kita…akan terasa ringan kita menjalani cobaan dan masalah hidup di dunia ini.

"Jika kau menghargai sedih dan sakitku ini secara bijaksana, maka ia akan melahirkan suatu kebahagian yang bijaksana pula. Karena dalam pemikiran yang bijaksana saat aku dalam keadaan sedih dan sakitku, aku akan tahu, pondasi-pondasi kuat yang di butuhkan dalam suatu kebahagiaan adalah kebijaksanaanku dalam menghadapi kesedihan dan sakitku. Yang mana itu akan menjadi sebuah kekuatan yang sangat di butuhkan untuk mempertahankan kebahagian saat kebahagian itu di lahirkan.”

Alhamdulillah…bersyukurlah bagi kita semua yang sampai detik ini masih diberi karunia kesehatan…dan semoga saja saya, keluarga, sahabat tercinta semua disini yang kebetulan diberi cobaan sakit, cepat sembuh dan sabar dalam menjalaninya…amien.

0 komentar:

alipoetry © 2008 Por *Templates para Você*