Minggu, 22 Juli 2012

CodeIgniter




Seperti penjelasan tentang framework, CodeIgniter merupakan salah satu jenis framework berbasis bahasa pemrograman PHP.  CodeIgniter adalah “sebuah framework untuk web yang dibuat dalam format PHP yang berisikan sekumpulan modul-modul dalam bentuk class library yang dapat kita gunakan lagi untuk membentuk aplikasi web yang lebih besar dengan memanfaatkan modul-modul class library tersebut”. (Wiswakarma, 2010).
Beberapa keunggulan framework CodeIgniter (CI) diantaranya adalah:
1.    Open Source, artinya framework bebas untuk digunakan dan dapat dikembangkan secara legal. CodeIgniter berlisensi Apache/BSD Sytle.
2.    CodeIgniter ringan baik dijalankan di platform apapun, yakni sistem utama dari CodeIgniter hanya memerlukan sedikit ruang pada server untuk membentuk sebuah class library.
3.    CodeIgniter menggunakan Model-View-Controller (MVC), yakni pemisahan antara layer aplikasi-logik dan tampilan (view). Hal ini membuat pengembangan web dapat berfokus pada core-system masing-masing.
4.    CodeIginiter menciptakan URL yang friendly.
5.    CodeIgniter dikemas dalam sebuah framework lengkap yang terdapat di dalam kumpulan class  dalam sebuah library, hal ini dapat menunjang proses pembuatan aplikasi web-nya, seperti mengakses database, mengirim email, validasi form data input, membuat sessions, memanipulasi gambar, bekerja dengan XML-RPC.
6.    Dapat menambahkan fungsi sesuai kebutuhan dengan bantuan library dan helper pada CodeIginiter.
7.    Memiliki dokumentasi yang lengkap, hal ini dapat membantu bagi pembuat dan pengembang aplikasi web untuk mempelajari sekalipun bagi pemula yang baru mempelajari framework PHP.
8.    Adanya komunitas, dengan ada ini memungkinkan untuk saling berbagi ilmu antar sesama dalam rangka  pencapaian untuk membuat sebuah aplikasi web.

0 komentar:

alipoetry © 2008 Por *Templates para Você*