Kamis, 08 Oktober 2009

Agama dan Keadilan Sosial


AGAMA DAN KEADILAN SOSIAL

 Agama merupakan modal dasar bagi pemecahan-pemecahan persoalan-persoalan kemanusiaan. Karena Agama mempunyai kekuatan legitimasi penegakan keadilan sosial dan mengatasi ketimpangan pembangunan.
 Permasalahannya adalah Agama seringkali “dipolitisisasi” oleh kepentingan-kepentingan kelompok tertentu dan penguasa!!?.

Pembedaan:
 Politisasi Agama: adalah suatu usaha untuk memanfaatkan Agama dengan kekuasaan yang dimiliki oleh mereka yang memiliki kepentingan tertentu dengan memakai “kedok”Agama.
 Hukum: merupakan jalan yang paling beradab untuk menyelesaikan soal konflik, bagaimana juga menempatkan hukum untuk dihargai dan dimenangkan bukan untuk kemenangan mereka yang berkuasa.
 Fungsi Agama: Agama berfungsi memberikan jawaban lewat legitimasi teologis untuk penyadaran akan kepentingan kemerdekaan dan kebersamaan untuk mengatasi berbagai krisis tersebut.

Solusi dari Permasalahan:
 Kita harus menangani satu-persatu persoalan ketidakadilan yang sedang terjadi, kesenjangan antara sikaya dan simiskin yang sedang terjadi, lalu arogansi kekuasaan dengan soal hukum yang sampai sekarang tidak pasti, hukum yang ditangan penguasa atau yang punya duit bisa dipermainkan.



By
Hambali Ibnu Ranim

0 komentar:

alipoetry © 2008 Por *Templates para Você*