Sabtu, 26 Februari 2011

ROMANTIK



ROMANTIK

Yang hendak dimaksud dengan “romantik” adalah sebuah suasana dan gerakan budaya yang mendominasi zaman dari akhir abad ke-18 sampai menjelang pertengahan abad ke-19. romantik menekankan perasaan, segi-segi adiduniawi, cerita-cerita rakyat, fantasi, religiositas, ia melawan rasionalisme dan pencerahan. Romantik dipersiapkan oleh Diderot, Rousseau dan Herder (dengan perhatiannya pada bahasa-bahasa lokal). Romantik menjunjung tinggi sejarah dan, berlainan dengan pencerahan, melihat abad pertengahan secara positif. Eksistensi dipahami sebagai proses perkembangan abadi, masing-masing orang mengungkapkan sesuatu yang tak tetrhingga, romantik meghayati jiwa alam, menjunjung tinggi perasaan, melihat keindahan dan misteri dalam alam, romantik mencari sumber-sumber kejiwaan di masa lampau, mencari kekuatan-kekuatan kretif dalam kesatuan komunitas. Bangsa-bangsa dipersatukan oleh roh bangsa yang terungkap dalam bahasa, puisi, mitos, sistem hukum. Rasionalisme dengan kpnsep-konsep jelas, terpisah dan kaku (descartes) serta dengan pendekatannya yang analitis dianggap dangkal. Dalam bidang politik romantik cenderung konservatif: ia menemukan cita-cita kenegaraan di abad pertengahan, mereka mendukung monarki dan menolak republik,menekankan kesatuan jiwa antara raja dan rakyat daripada penekanan hak dan kewajiban masing-masing. Romantik dalm bidang seni arsitektur menyebabkan seni masa lampau dipahami kembali secara positif. Terutama dalam bidang musik romantik menghasilkan produk-produk seni yang khas dan amat indah (schubert, weber, schumann, mendelssohn-bartholdy, list, brahms, berlioz, bruckner, wagner, chopin, tschaikowskij, dvorak, dan lain-lain).

PENGERTIAN MODUL (Dalam Media Pembelajaran PAI) "" tuk sahabatku...



MODUL


 Pengertian Modul
Modul dirumuskan sebagai salah satu unit yang lengkap yang berdiri sendiri, terdiri dari rangkaian kegiatan belajar yang disusun untuk membantu para siswa dalam mencapai sejumlah tujuan belajar yang telah dirumuskan secara spesifik dan operasional.
 Pengertian Sistem Modul
Sistem modul adalah bentuk pengajaran yang bersifat individual, dan masih termasuk pada klasifikasi metode pengajaran yang bersifat inkonvensional, dimana siswa dapat belajar tanpa kehadiran guru atau tidak melalui tatap muka secara langsung.
 Prinsip-prinsip Pembelajaran Modul
A. Prinsip Fleksibilitas
B. Prinsip Balikan (Feedback)
C. Prinsip Penguasaan tuntas (Mastery Learning)
D. Prinsip Remedial
E. prinsip Motivasi dan Kerja Sama
F. Prinsip Pengayaan
 Penerapan Sistem Modul Dalam pembelajaran Secara Umum
Modul yang dikembangkan di Indonesia melalui PPSP (Proyek Perintis Sekolah Pembangunan) berbentuk buku kecil (Booklet) sesuai dengan komponen-komponen modul, buku modul inilah yang dipelajari murid secara individual menurut kecepatan masing-masing.
Langkah-langkah yang dilalui murid pada waktu belajar dengan modul adalah sebagai berikut:
1. Mempelajari lembar kegiatan siswa
2. Mengerjakan tugas-tugas yang dikerjakan murid dalam lembaran kerja bisa bermacam-macam. Mungkin membaca suatu bab dari buku sumber, mengadakan percobaan-percobaan atau mengerjakan soal
3. Mencocokan dengan kunci lembaran kerja
4. Mengerjakan lembaran tes
5. Mencocokan hasil tes dengan kunci lembaran tes
Pelaksanaan Evaluasi Pada Pendidikan Agama Islam
 Pengertian
Evaluasi ialah alat untuk mengukur sampai dimana penguasaan murid terhadap bahan pendidikan yang telah diberikan. Sedangkan evaluasi Pendidikan Agama ialah suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan suatu pekerjaan didalam Pendidikan Agama.
 Perencanaan evaluasi pendidikan agama islam
A. perumusan tujuan
B. pencatatan tingkah laku
C. kesinambungan penilain dan menyeluruh
D. mutu alat penilaian
E. kesesuaian antara aspek hasil belajar dan alat evaluasi
 alat evaluasi
1. test
uraian (esay test), objektif test
2. non test
observasi ,questionnaire, interview, unjuk kerja (performance),penugasan, hasil kerja ,tertulis, portofolio, sikap, diri (self assessment).














Pendekatan Keterampilan Proses
 Pengertian Pendekatan Keterampilan Proses
Pendekatan keterampilan proses adalah keterampilan yang diperoleh dari latihan kemampuan-kemampuan mental, fisik, dan sosial yang mendasar sebagai penggerak kemampuan-kemampuan yang lebih tinggi.
 Tujuan Keterampilan Proses
Tujuan pengajaran sebagai proses adalah untuk meningkatkan keterampilan berfikir sisiwa, sehingga siswa bukan hanya mampu dan terampil dalam bidang psikomotorik, melainkan juga bukan sekedar ahli menghafal.
 Kemampuan Dasar Dalam Keterampilan Proses
1. Observasi atau pengamatan
2. Pembuatan Hipotesis
3. Perencanaan Penelitian Atau Eksperimen
4. Pengendalian Variabel
Adalah suatu aktifitas yang dipandang sulit, namun sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Yang penting bagaimana guru menggunakan kesempatan yang tersedia untuk mengontrol dan memperlakukan variabel.
5. Interpretasi Data
Yaitu data yang dikumpulkan melalui observasi, penghitungan, pengukuran dan eksperimen yang ditampilkan dalam berbagai bentuk media pembelajaran.
6. Kesimpulan Sementara
7. Peramalan
Yaitu mengantisipasi atau menimpulkan suatu hal yang akan terjadi pada waktu yang akan dating berdasarkan perkiraan atas kecenderungan atau pola tertentu antar data atau informasi.
8. Penerapan atau Aplikasi
9. Komunikasi.


Penggunaan Media dan Alat Pembelajaran
Dalam Pendidikan Agama Islam
 Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.
 Fungsi dan Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran
1. Menangkap suatu objek atau peristiwa-peristiwa tertentu
2. Memanipulasi keadaan, peristiwa, atau objek tertentu
3. Menambah gairah dan motivasi belajar siswa
4. Media pembelajaran memiliki nilai praktis
5. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
6. Pembelajaran dapat lebih menarik
7. Pembelajaran dapat lebih interaktif
8. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
 Klasifikasi dan Macam-macam Media Pembelajaran
1. Dilihat dari sifatnya: Media Auditif, Media Visual, Media Audiovisual.
2. Dilihat dari kemampuan jangkauannya:
A. Media yang memiliki daya liput yang luas dan serentak seperti radio dan televisi
B. Media yang mempunyai daya liput yang terbatas oleh ruang dan waktu, seperti film slide, film, video, dan lain sebagainya.
 Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran
1. Media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran
2. Media yang digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran
3. Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa
4. Media yang akan digunakan harus memperhatikan efektivitas dan efisien
5.Media yang akan digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoprasikannya.

Penggunaan Media dan Alat Pembelajaran
Dalam Pendidikan Agama Islam

 Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.
 Fungsi dan Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran
1. Menangkap suatu objek atau peristiwa-peristiwa tertentu
2. Memanipulasi keadaan, peristiwa, atau objek tertentu
3. Menambah gairah dan motivasi belajar siswa
4. Media pembelajaran memiliki nilai praktis
5. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
6. Pembelajaran dapat lebih menarik
7. Pembelajaran dapat lebih interaktif
8. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
 Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran
1. Media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran
2. Media yang digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran
3. Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa
4. Media yang akan digunakan harus memperhatikan efektivitas dan efisien
5.Media yang akan digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoprasikannya.





Penggunaan Media dan Alat Pembelajaran
Dalam Pendidikan Agama Islam
 Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.
 Fungsi dan Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran
1. Menangkap suatu objek atau peristiwa-peristiwa tertentu
2. Memanipulasi keadaan, peristiwa, atau objek tertentu
3. Menambah gairah dan motivasi belajar siswa
4. Media pembelajaran memiliki nilai praktis
5. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
6. Pembelajaran dapat lebih menarik
7. Pembelajaran dapat lebih interaktif
8. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
 Klasifikasi dan Macam-macam Media Pembelajaran
A. Dilihat dari sifatnya: Media Auditif, Media Visual, Media Audiovisual.
B. Dilihat dari kemampuan jangkauannya:
1. Media yang memiliki daya liput yang luas dan serentak seperti radio dan televisi
2. Media yang mempunyai daya liput yang terbatas oleh ruang dan waktu, seperti film slide, film, video, dan lain sebagainya.
 Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran
1. Media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran
2. Media yang digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran
3. Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa
4. Media yang akan digunakan harus memperhatikan efektivitas dan efisien
5. Media yang akan digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoprasikannya.

Senin, 14 Februari 2011

DAN SAAT INI HANYA INGIN DENGANMU

Aku bukan seorang skeptis...
Tapi tak mudah menjadi seorang revolusioner...
Aku tak ingin asosiatif pada cintaku...
Dan tak ingin bermetafora...
Tentang bagaimana aku mencintaimu...


Aku mencintaimu bukan dia atau mereka...
Dan aku akan terus mempertahankan ikatan hatiku...
Selama aku tahu engkau masih menyimpan balutan kasih dan cinta putihmu...
Karena sejatinya perasaanku...
Bukan laksana buih yang mampu kualihkan...
Dan harapku jika aku mencintaimu...
Tak mengurangi cintaku pada Sang Penguasa Takdir...


Jalan cinta tak satu arah...
Tetapi sejauhmana kita menjadikannya...
Sejalan dengan apa yang menjadi fitrahnya
Dan saat ini aku hanya ingin denganmu...


Karena hati ini...
Bukan karena apapun...


my palace, panimbang 03:02 malam senin
14 februari 2011


chantra_ hambali ibnu ranim

SAAT SEMUA LELAHKU MERENGGUT SEMANGATKU



SAAT SEMUA LELAHKU MERENGGUT SEMANGATKU

Senja saat semua lelahku merenggut semangatku, aku terbaring dalam dekapan dingin saat hujan menyirami hangatnya tanah yang telah dipanasi terik mentari, sang mega dengan fatamorgana yang biasa kulihat kini kelam kelabu, pohon-pohon membisu, angin-angin tak menderu, hanya getaran hatiku kurasakan tak menentu.

Aku memohon maaf atas nama ketulusan, aku serahkan semua atas nama keikhlasan, aku rasakan semua rasa atas nama hatiku yang senantiasa dihidupi oleh berjuta rasa, aku lepaskan keindahanmu bukan karena aku tak ingin mendekapmu dalam dekapan nyata, aku biarkan engkau terbang jauh bersamanya bukan berarti aku tak mau menatap indahnya kehidupan bersamamu, aku membohongi ketulusan hatiku bukan berarti aku ingin mendzalimi hatiku. aku sungguh hanya ingin menatap engkau tersenyum simpul kebahagiaan bersamanya, aku hanya ingin ia bahagia bersama engkau yang ia cinta. aku hanya ingini cinta yang lama telah tertunda kini menjadi nyata di atas alam bahagiamu. dan aku... biarlah aku bersama rasaku, biarlah engkau cukup beri aku kebahagiaan dengan melihat kebahagiaanmu, biarlah kisah ini kututup dengan menatap senyum kebahagiaanmu bersamanya.

Meski dalam ketidaktahuanku aku merasa ada luka, namun kurasakan sebagai seni dari perjalanan hidupku karena bagiku luka, bahagia, tangis, tawa, cinta, kasih, sayang airmata dan semua tentang rasa adalah bagian dari seni adaku dan seni hidupku.

Jangan lagi engkau menutup cintamu itu, biarkanlah ia meraih apa yang ia ingini, jangan simpan ia dibalik airmatamu, bawalah , jagalah, kasihilah cintamu yang telah lama engkau coba tuk memandu, saat katanya belum engkau raih, ulurkan tanganmu tuk menarik kata dari hatinya, saat engkau terima tutur kata penuh kasih nan tulus, sayang dan cinta darinya, terbanglah bersamanya meraih mimpi yang telah ia dan engkau gantungkan dalam langit-langit waktu masa lalumu.

Aku tersenyum...

Lihatlah senyumku...

Jika engkau tak pernah mampu tuk melihatnya, rasakanlah senyum ketulusanku di hatimu, ia akan selalu tersenyum disisi hatimu, karena bahagiaku ketika bahagiamu, senyumku ketika senyummu, tersenyumlah... dan biarkan kini kuterbaring dan mencoba meretas mimpiku disaat senja mulai membawaku dalam alam yang sunyi sesunyi hatiku.

Sunyi...
Hening...
Senyap...
Senyummu...
Bahagiamu...
Bahagianya...
Kini adalah bagian senyumku...



Pondok Mungil 18:20 Malam Jumat
Ciputat, 27 Januari 2011

Hambali Ibnu Ranim

Rabu, 02 Februari 2011

kini...



kini...

kini...
saat mata ragaku tak sanggup lagi melihatnya dengan jelas...
aku hanya dapat memandangnya dengan mata bathinku,,,
suaranya yang tak mampu lagi kudengar,,,
kini...
aku hanya dapat memutarnya dari bayangan dalam pikiranku,,,

biarlah aku seperti ini,,,
jika ia berbahagia,,,
kan kudoakan semoga ia selalu berada dalam kebahagiaan...
jika ia bersedeih,,,
aku mohon ya Allah,,,
ingatkanlah ia padaku,,,
biar ia tak segan meminta bantuan padaku,,,

aku hanya inginkan dia bahagia...
meski tak mampu bersama,,,

waktu terus nerjalan...
tak pernah memberiku kesempatan tuk beristirahat sejenak,,,
ia meninggalkan langkahku,,,
jika aku tak terus melangkah,,,
tak pedulikan aku lelah,,,
tak pedulikan aku rapuh,,,
tak pedulikan aku takut kehilangan,,,
tak pernah peduli apa yang kuinginkan,,,
ia akan terus berjalan dan memberi jawabannya di ujung hariku nanti,,,

saat aku memikirkannya...
sang waktu tak pernah peduli,,,
tak maukah ia menjadi temanku dalam sunyiku,,,
saat mata ragaku tak mampu lagi melihatnya dengan jelas...
saat suaranya tak lagi menyapaku,,,
karena inginnya...
demi bahagianya...
aku lakukan maunya,,,
dan kini...
hanya mata bathinku yang mampu melihatnya dengan jelas,,,


hambali al_van
pondok mungil.

alipoetry © 2008 Por *Templates para Você*